Sebuah kelaziman jika semua hal bergerak datang dan pergi. Sudah seharusnya pula aku membiasakan diri untuk melepaskan yang akan pergi, lalu menerima yang baru saja datang. Bukankah hidup memang seperti itu?

Tapi ada juga hal yang terus-menerus berulang. Entah kenapa? Bisa saja untuk menempa kesabaran atau mengajak diri untuk belajar. Hingga bisa. Jika belum, maka berulang lagi. Hingga bisa!

Setahun yang lalu aku baru saja merasa terlahir kembali. Berada di Bumi Cendrawasih ini sebagai diri yang masih tertatih. Baik menjalani hidupku, maupun mencintaimu. Menatap mentari tanpa ingin tahu apakah pagi atau siang. Tapi aku selalu tahu jika senja mulai mendekat, memang ia yang selalu kutunggu dan rindu.

Aku pasrah pada hari yang terus berganti. Tetap berjuang untuk bisa melewati ujianNya, meski aku tahu … Diri ini tidak sekuat yang aku inginkan. Lalu, haruskah aku mengatakan tidak bisa? Tidak. Aku tidak ingin mengatakannya. Karena sungguh aku merasa dekapanNya begitu hangat ketika aku berada di dalam kesulitan. Takdir ini menjadi indah untukku.

Menapaki takdir menjadi cerita diri. Sama seperti aku memahami bagaimana harus mencintaimu. Hidup kita tidak panjang. Di dunia ini hanya sebentar saja. Tapi aku berharap … Cintaku lebih panjang dari kehidupan itu sendiri. Agar aku bisa lebih lama mencintaimu. Berulang untuk belajar, sampai bisa mencintai dengan benar. Cinta ini pun terus-menerus berulang.

Kubiarkan setiap rasa yang tidak berulang pergi meninggalkanku. Hingga aku melupakannya. Dan kupeluk setiap rasa yang berulang untuk kupelajari kembali. Hingga aku bisa. Hingga aku terbiasa.

Seperti di awal tahun ini, aku pun merasa terlahir kembali. Tapi tidak tertatih lagi. Aku mulai bisa berdiri, mulai mempercayai diriku bahwa aku bisa melangkah. Masih di Bumi Cendrawasih yang mulai kucintai. Masih bersama indahnya senja Jayapura yang selalu kutunggu. Dan … Aku masih bersama kamu yang selalu kucinta.

Hidup memang seperti ini. Jalani saja seperti yang aku bisa. Hingga aku benar-benar bisa.

Rina’s

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *